Info Terbaru 2022

Fadhilah Dan Keludang Keringhan Surat Al-Mulk (Tabaarak)

Fadhilah Dan Keludang Keringhan Surat Al-Mulk (Tabaarak)
Fadhilah Dan Keludang Keringhan Surat Al-Mulk (Tabaarak)
Surat al-Mulk adalah salah satu surat dalam al-Qur’an yang mempunyai keistimewaan. Keistimewaan tersebut diketahui alasannya yaitu Baginda Rasulullah SAW menyebutkan perihal khasiat surat al-Mulk ini dalam salah satu sabdanya. Rasulullah menyampaikan bahwa Surat al-Mulk itu menjaga dan memelihara pembacanya dari azab kubur.

Karena fadhilahnya yang luar biasa ini, maka membaca surat al-Mulk dengan rutin istiqomah setiap hari pastilah sangat dianjurkan. Para ulama banyak memberikan supaya membiasakan membaca surat ini pada habis sholat subuh dan habis sholat maghrib.

 Keistimewaan tersebut diketahui alasannya yaitu Baginda Rasulullah SAW menyebutkan perihal khasiat Fadhilah dan Keludang keringhan Surat Al-Mulk (Tabaarak)


Ibnu Abbas berkata: “Pada suatu hari ada seseorang menghampar jubahnya di atas kuburan dan ia tidak tahu bahwa daerah itu yaitu kuburan, ia membaca surat Al-Mulk, kemudian ia mendengar bunyi teriakan dari kuburan itu: Inilah yang menyelamatkan aku. Kemudian bencana itu diceriterakan kepada Rasulullah saw. Lalu dia bersabda: Surat Al-Mulk sanggup menyelamatkan penghuni kubur dari azab kubur.” (Ad-Da’awat Ar-Rawandi, hlm 279/817; Al-Bihar 82/ 64, 92/313/2, 102/269/

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Surat Al-Mulk yaitu penghalang dari siksa kubur, surat ini termaktub di dalam Taurat, barangsiapa yang membacanya di malam hari ia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan, …Sungguh saya membacanya dalam shalat sunnah sehabis Isya’ dalam keadaan duduk. Ayahku (sa) membacanya pada siang dan malam. Barangsiapa yang membacanya, maka kadab malaikat Munkar dan Nakir akan masuk ke kuburnya dari arah kedua kakinya, kedua kakinya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, alasannya yaitu hamba ini berpijak padaku kemudian ia membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam; kadab mereka tiba kepadanya dari rongganya, rongganya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, alasannya yaitu hamba ini telah menjagaku dengan surat Al-Mulk; kadab mereka tiba kepadanya dari arah lisannya, lisannya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, alasannya yaitu hamba ini telah membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam denganku.” (Al-Kafi 2/233/hadis 2)

Imam Muhammad Al-Baqir (sa): “Bacalah surat Al-Mulk, alasannya yaitu surat ini menjadi penyelamat dari siksa kubur.”

Subhanallah, mari kita istiqomahkan membaca surat al-Mulk ini…
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90