Info Terbaru 2022

Doa Niat Solat Gerhana Matahari Dan Cara Sholat Gerhana

Doa Niat Solat Gerhana Matahari Dan Cara Sholat Gerhana
Doa Niat Solat Gerhana Matahari Dan Cara Sholat Gerhana
Doa Gerhana Matahari – Pada hari Rabu 9 Maret 2016 yang akan tiba akan terjadi gerhana Matahari Total di beberapa wilayah di Indonesia. Pada dikala gerhana matahari ibarat ini umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat gerhana. Tidak dianjurkan kita untuk melihat gerhana tersebut, tapi sebaiknya kita pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat gerhana matahari. Apakah anda sudah sanggup melaksanakan sholat gerhana mulai dari doa niat solat gerhana?

Doa niat sholat gerhana Matahari dan juga bulan ibarat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ialah 2 rokaat dengan empat kali ruku’. Baik gerhana matahari maupun gerhana bulan caranya sama. Hanya niatnya yang agak berbeda.  Karena namanya juga berbeda. Hanya saja tata cara solat gerhana matahari dan bulan sama.

 yang akan tiba akan terjadi gerhana Matahari Total di beberapa wilayah di Indonesia Doa Niat Solat Gerhana Matahari Dan Cara Sholat Gerhana


Gerhana Matahari total yang akan pada tanggal 9 Maret hari Rabu besok diperkiran terjadi pada waktu pagi hari. Dan gerhana itu hanya berlangsung sebentar saja, tidak ludang keringh dari 5 menit. Sehingga kadab kita melaksanakan sholat gerhana hingga selesai, maka kita tidak akan melihat terjadinya gerhana tersebut.

Seperti yang saya sampaikan diatas, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat gerhana secara berjamaah dan hukumnya sunnah. Dalam sholat gerhana Matahati  dianjurkan pula untuk banyak membaca doa dzikir dan juga bersedekah.


Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam  Muslim, Aisyah radhiyallahu anha menuturkan bahwa pada zaman Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari. Beliau kemudian mengutus seseorang untuk menyeru ‘ASH SHALATU JAMI’AH (mari kita lakukan shalat berjamaah). Orang-orang lantas berkumpul. Nabi kemudian maju dan bertakbir. Beliau melaksanakan empat kali ruku dan empat kali sujud dalam dua rakaat. (HR. Muslim no. 901)
Lalu bagaimana doa niat sholat gerhana matahari ?
Jangan khawatir, saya akan menuliskannya untuk anda doa niat solat gerhana matahari dalam bahasa Arab dan juga latinnya sebagai diberikut:

Niat Sholat Gerhana Matahari

 yang akan tiba akan terjadi gerhana Matahari Total di beberapa wilayah di Indonesia Doa Niat Solat Gerhana Matahari Dan Cara Sholat Gerhana


أُصَلِّي سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAL LIKUSUUFISSYAMSI  ROK’ATAINI MA’MUUMAN LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR.

Artinya : Saya berniat shalat gerhana matahari dua rakaat makmum sebab Allah Ta’ala. Allahu Akbar


Tata cara Sholat Gerhana Matahari
Cara melaksanakan sholat gerhana matahari ialah sebagai diberikut:
  • Sholat dua rakaat dengan mengeraskan bacaan –menurut pendapat ulama berdasarkan hadis Nabi. Lalu membaca surat Al-fatihah dan surat yang panjang ibarat surat Al-Baqarah atau yang seukuran
  • Lalu ruku’ dengan ruku’ yang panjang.
  • Setelah itu mengangkat kepalanya dari ruku dan membaca “Sami’ Allahu liman hamidah rabbana lakal hamdu”
  • Lalu kembali membaca Al-Fatihah dan surat panjang yang ludang keringh pendek dari surat pertama, seukuran Ali Imran.
  • Kemudian ruku’ dengan waktu ruku’ ludang keringh pendek dari waktu ruku’ pertama.
  • Setelah itu angkat kepalanya dari ruku’ dan membaca,
  • Sami’ Allahu liman hamidah rabbana lakal hamdu, hamdan katsiran thayyiban mubarakan fiihi, mil’as samaai wa mil’al ardhi. Wa mil’a ma syi’ta min syai’in ba’du”
  • Lalu sujud dengan dua sujud yang panjang
  • tidak panjangkan duduk di antara dua sujudnya
  • Kemudian kerjakan rakaat kedua ibarat rakaat pertama dengan dua ruku dan dua sujud yang panjang.
  • Lalu bertasyahud, dan
  • Kemudian salam



Itulah doa niat solat gerhana Matahari dan juga tata cara melaksanakan sholat gerhana matahari. Karena insiden ini jarang terjadi dan bahkan kadab terjadi banyak yang tidak melaksanakan sholat gerhana, maka banyak yang tidak paham cara melaksanakan sholat gerhana. Semoga goresan pena ini berkhasiat. 
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90